Pengertian Shalat dan Makna Shalat

22.05 0 Comments

Assalamu’alaikum Sobat :D
Di postingan ini RemIHaTa ingin membahas tentang “Pengertian Shalat dan Makna Shalat”
Simak yaah :D


1.       Apa yang dimaksud dengan Shalat?
Shalat adalah salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah Swt. Dan wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang sudah balig. Shalat adalah amalan yang pertama kali akan di hisab pada hari kiamat. Jika shalat seseorang baik, akan baik pula amalan lainnya. Jika shalatnya buruk, akan buruk pula amalan lainnya.

2.       Mengapa kita harus Shalat?
Melaksanakan shalat, berarti menjalin hubungan dengan Allah Swt. Yang telah menciptakan kita. Melaksanakan shalat juga berarti menaati perintah Allah Swt. Selain itu, semua dosa yang kita panjatkan akan terkabul dengan melaksanakan shalat.

3.       Apakah makna Shalat itu?
Secara bahasa, shalat berarti doa atau permohonan kepada Allah Swt. Ketika seseorang shalat, berarti dia sedang berdoa dan memohon kepada Allah Swt. Sebaliknya, orang yajng tidak mau shalat, berarti dia tidak mau berdoa dan memohon kepada Allah Swt.

4.       Apa lagi selain itu makna Shalat menurut bahasa?
Melaksanakan shalat, berarti menjaga hubungan silaturahmi dengan Allah Swt. Sebaliknya, orang yang tidak shalat, berarti memutuskan hubungan silaturahmi dan tidak menjaga hubungan baik dengan Allah Swt.

5.       Apakah makna Shalat menurut istilah fikih?
Shalat menurut istilah fikih adalah ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Setiap ucapan dan gerakan shalat harus sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw., baik syaratnya, rukunnya, maupun sunnahnya.

6.       Sahkah Shalat yang kita lakukan jika kita mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah?
Shalat yang dikerjakan tanpa mengikuti contoh dari Rasulullah Saw., tidak sah. Sebab, shalat adalah ibadah yang sudah jelas ketentuannya, baik bacaan maupun gerakannya. Seseorang tidak diperbolehkan untuk menambah maupun mengurangi ucapan dan gerakan shalat.


Sekian postingan mimin tentang "Pengertian Shalat dan Makna Shalat"
Semoga bermanfaat :D
Wassalamu’alaikum Wr Wb.
*jika ada yang salah, boleh di comment

*Cuma ngeShare bisa dapet pahala loh!
Sumber : buku “101 info tentang shalat

Unknown

Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup

0 komentar: