Shalat dalam Kondisi Khusus

09.12 , 0 Comments

Assalamu’alaikum Sobat... :D
Di postingan ini RemIHata ingin membahas tentang “Shalat dalam Kondisi Khusus”
Simak yaaah... :p

1.       Bagaimana cara shalat apabila kita sedang sakit?
Jika kita sedang sakit dan tidak mampu berdiri, Allah Swt., memberikan kemudahan kepada kita untuk mengerjakan shalat sambil duduk. Jika duduk pun tidak mampu, kita boleh melakukannya sambil berbaring.

2.       Bagaimanakah cara shalat sambil duduk itu?
Duduklah sabil menghadap ke arah kiblat. Setelah berniat, lakukanlah takbiratul ihram, bersedekap dan membaca bacaan shalat seperti biasa.

3.       Bagaimana ketika melakukan gerakan ruku’ dan duduk sambil duduk?
Ketika ruku’, tangan memegang lutut dan badan sedikit condong ke depan dengan kepala sedikit membungkuk. Saat sujud, lakukan seperti sujud biasa. Namun, jika tidak mampu, cukup mencondongkan badan lebih rendah dari saat memalukan ruku’

4.       Bagaimana cara shalat sambil berbaring?
Berbaringlah seraya menghadap kiblat dengan kedua tangan bersedekap. Jika masih bisa miringkan badan ke arah kiri (bahu kanan ke atas), kemudian gerakan shalat cukup dengan isyarat, misalnya dengan mengedipkan mata.
5.       Bolehkah shalat di dalam kendaraan?
Bagi orang yang sedang dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan, seperti pesawat terbang, kereta api, atau kapal laut, dan tidak memungkinkan baginya untuk berhenti di tempat ibadah, maka Allah Swt., telah memberikan kemudahan baginya untuk mengerjakan shalatnya di dalam kendaraan.

6.       Bagaimana cara shalat di dalam kendaraan?
Jika tidak memungkinkan untuk berdiri, shalat bisa dilakukan sambil duduk di kursi penumpang. Dalam kondisi keperti ini, arah shalat tidak harus menghadap kiblat. Kita pun boleh melakukan tayamum jika sulit mendapatkan air ketika berada di dalam kendaraan.



Sekian postingan RemIHaTa tentang Shalat dalam Kondisi Khusus
Semoga bermanfaat :D
Wallahu A'lam Bishshawab, Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

*jika ada yang salah, boleh di comment
*Cuma ngeShare bisa dapet pahala loh!
Refisi : buku “101info tentang shalat


Unknown

Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup

0 komentar: