Shalat Sunnah

09.35 , 0 Comments

Assalamu’alaikum Sobat... :D
Di postingan ini RemIHata ingin membahas tentang “Shalat Sunnah”
Simak yaaah... :p

1.       Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah?
Shalat Sunnah adalah shalat yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw., tetapi hukumnya tidak wajib (di tinggalkan tidak berdosa, dilakukan mendapat pahala).

2.       Apakah shalat Tahiyatul Masjid itu?
Shalat sunnah Tahiyatul Masjid adalah shalat yang dilakukan ketika kita baru masuk masjid sebagai penghormatan kepada masjid.

3.       Apakah shalat Sunnah Rawatib itu?
Shalat Rawatib adalah yang berkaitan dengan shalat wajib. Shalat rawatib dibagi dua, yaitu : Qabliyah dan Ba’diyah.

4.       Apa arti Qabliyah itu?
Shalat Qabliyah, yaitu shalat Rawatib yang dikerjakan sebelum shalat wajib. Misalnya, dua rakaat sebelum shalat Subuh, dua rakaat sebelum shalat Zhuhur, empat rakaat sebelum shalat ‘Ashar, dan dua belas rakaat sebelum ‘Isya. Rakaatnya bisa dari 2-12 rakaat dalam 1 salam ( contoh 1 salam 2 rakaat, 2 salam 4 rakaat)

5.       Apa arti Ba’diyah itu?
Shalat Ba’diyah, yaitu shalat Rawatib yang dikerjakan sesudah shalat wajib (sama seperti shalat sunnah Qobliyah hanya beda waktu)

6.       Apakah shalat Istikharah itu dan berapa jumlah rakaatnya?
Shalat Istikharah ialah shalat untuk meminta petunjuk yang baik untuk bisa membuat keputusan yang baik ketika menghadapi dua pilihan yang harus dipilih salah satunya. Shalat Istikharah dilakukan sebanyak dua rakaat dan sebaiknya di kerjakan di sepertiga malam terakhir.

7.       Apakah shalat Hajat itu?
Shalat Hajat adalah shalat sunnah yang dilaksanakan untuk memohon agar keinginan kita dikabulkan atau diperkenankan oleh Allah Swt. Shalat Hajat bisa dilaksanakan minimal sebanyak dua rakaat dan maksumal dua belas rakaat dengan salam setiap dua rakaat.
1

2


2.       Apakah shalat Tahajud itu dan berapakah rakaatnya?
Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Shalat ini di sebut juga Qiyamul Lail. Shalat Tahajud harus dikerjakan setelah tidur dan dikerjakan paling sedikit dua Rakaat dan paling banyak dua belas rakaat. Waktu utama melaksanakan shalat Tahajud adalah pada waktu sepertiga malam yang terakhir.

3.       Apakah yang dimaksud dengan shalat ‘Id itu?
Shalad ‘Id adalah shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada 1 Syawal, sedangkan Idul Adha dilaksanakan pada 10 Dzulhijjah. Waktu pelaksanaan shalat ‘Id adalah sejak terbitnya matahari hingga saat tergelincirnya matahari.


Sekian postingan RemIHaTa tentang Shalat Sunnah
Semoga bermanfaat :D
Wallahu A'lam Bishshawab, Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

*jika ada yang salah, boleh di comment
*Cuma ngeShare bisa dapet pahala loh!
Refisi : buku “101info tentang shalat” 

Unknown

Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup

0 komentar: